3 Kegunaan dari email list untuk bisnis anda - kajianIM

Selasa, 13 Februari 2018

3 Kegunaan dari email list untuk bisnis anda




Sudah menjalankan email marketing?

Jika belum, saya sarankan untuk segera memulainya,

Email marketing banyak diterapkan oleh para pengusaha besar contohnya hubspot, tokopedia, bahkan hingga facebook juga menggunakannya.

Kita pasti sudah tidak kaget jika mendapat notifikasi permintaan teman, ijin bergabung grup dari facebook via email. Kita juga tidak asing lagi mendapat pemberitahuan diskon dari tokopedia via email. Itu Cuma segelintir bukti bahwa email marketing masih digemari oleh para pebisnis online bahkan yang skala bisnisnya sangat besar.

Banyak alasan kenapa email marketing sangat powerfull, namun untuk postingan kali ini saya hanya akan menyoroti seputar kegunaan email list yang sangat luas.

Email list merupakan nyawa dari email marketing, semakin banyak dan berkualitas email list kita maka semakin cepat perkembangan bisnis kita. Karena email list ini sangat banyak sekali kegunnaannya, dari mengirimkan traffic hingga mendatangkan sales.

Berikut beberapa kegunaan email list,

#1.Mendatangkan traffic ke website

Salah satu traffic yang paling di gembor-gemborkan untuk meningkatkan traffic ke website adalah SEO. Para pemilik website berlomba-lomba dengan berbagai cara untuk memenangkan hati google, sehingga artikelnya ada di ranking 1 google.

Permasalahannya, setiap hari ada ribuan artikel yang dipublish dan berharap menjadi ranking satu google. Kita harus mengalahkan ratusan bahkan ribuan untuk satu kata kunci pencarian saja, Apakah akan selalu selalu seperti itu? Terus bersaing di persaingan yang sengit?

Dengan email list yang sudah kita bangun, persaingan seperti itu dapat dihindari. Kita bisa broadcast content yang sudah kita buat ke email list kita. Tanpa harus menunggu lama, content kita akan langsung diterima oleh audience yang tepat sehingga content yang kita buat dapat segera di baca dan objective kita dalam membuat content segera tercapai.

#2.Personal branding

Salah satu pertimbangan calon buyer saat akan membeli sesuatu adalah “siapa penjualnya”, itulah kenapa personal branding penting untuk dilakukan.

Banyak media yang bisa digunakan untuk melakukan personal branding, seperti media sosial, blog dan tentu saja email.

Mari kita bahas keuntungan dan kerugian di masing-masing media. Kita mulai dengan media sosial, yaa.. media sosial seperti facebook dan instagram memang sangat cocok digunakan untuk personal branding.

Pengguna aktif yang sangat banyak merupakan salah satu alasannya, namun permasalahannya tidak cuma kita yang posting di media sosial. Di dalam media sosial ada postingan orang lain, iklan dan orang bisa langsung berkomentar untuk menanggapi (tentu bisa positif atau negatif). Semua itu bisa menjadikan orang kehilangan fokus dan akhirnya tidak menyerap content kita dengan baik.

Media yang kedua adalah blog, keuntungan personal branding dengan blog adalah kita bisa membuat content yang panjang dan detail. Kita bisa membuat artikel dengan data statistic dan gambar juga video.

Permasalahannya, kadang orang tidak mengingat nama blog kita. Selain itu saat ingin mencari content serupa, kecenderungan orang akan search di google dan “boom” banyak sekali blog yang menyediakan content serupa.

Media selanjutnya adalah email, keuntungan menggunakan email adalah terlihat personal. Sejak pertama kali orang masuk ke email list kita, kita bisa sapa dengan personal dengan menyebut nama. Kita juga bisa memperkenalkan diri secara professional saat mereka menerima lead magnet kita.

Kelemahan dari email marketing adalah proses mengumpulkan alamat emailnya, tidak ada jalan instan untuk membangun email list. Jika tidak bermodal uang, tentu harus bermodal waktu.

#3.Meningkatkan penjualan

Seperti namanya “email marketing”, sudah pasti apa-apa yang ber-embel-embel marketing akan berguna untuk meningkatkan penjualan.

Email marketing meruapakan media yang cocok untuk meningkatkan penjualan, karena saat orang membuka email promosi kita maka dia sudah siap untuk membaca penawaran.

Selain itu, email marketing sangat terukur.

Open rate dan click rate bisa kita ketahui dengan mudah. Dari situ kita bisa mengukur seberapa efektif promosi kita.

Demikianlah kegunaan email marketing, So, sudah sejauh mana email marketing anda?







1 komentar: