Anda seorang social media marketer?
Jika anda seorang social media marketer, dengan kata lain anda menjual apapun dengan chanel pemasaran utama adalah social media maka postingan ini wajib anda baca pelan-pelan.
Salah satu aktivitas utama dari seorang social media marketer adalah posting ke social media tentunya. Entah itu dalam bentuk hard selling, soft selling, personal branding content dll.
Mungkin anda juga membeli berbagai tools yang mendukung aktivitas social media marketing anda, entah tools untuk otomatisasi, schedule, meningkatkan interaksi, desain dll.
Pertanyaan saya, apakah dengan 2 hal di atas sudah menjamin kesuksesan kita sebagai social media marketer? Saya rasa tidak, ada banyak skill yang harus kita kuasai untuk menjadi social media marketer yang handal.
Berikut 6 skill yang harus kita kuasai, untuk menjadi social media marketer yang handal
#1. Kemampuan menggunakan bahasa yang berkualitas
Kemampuan menggunakan bahasa yang berkualiatas sangat diperlukan jika kita seorang social media marketer. Yang saya maksud berkualitas di sini bukanlah sesuai grammar atau tata bahasa yang baku, namun seperti arti dari kualitas sendiri yaitu sesuai dengan permintaan pasar.
Yaa…kita harus bisa berbahasa sesuai dengan pasar atau audience kita, maka dari itu menentukkan buyer persona sangat penting bagi kita.
Audience dengan umur 25 tahun keatas tentu berbeda cara berbahasanya dengan orang yang berumur 18 tahun. Selain umur, tingkat pendidikan, lokasi, budaya juga sangat mempengaruhi cara berbahasa seseorang.
#2. Kemampuan memanage waktu
Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan bisnis online kita bisa memiliki kebebasan waktu dan tempat. Menurut saya ini tidak sepenuhnya benar, mungkin kita memang punya kebebasan tempat namun kebebasan waktu belum tentu kita dapatkan.
Tetap ada yang mengatur waktu kita, siapa? Tentu saja audience kitalah yang mengatur jam kerja kita. Sebagai social media marketer, kita harus tahu kapan audience kita online dan melakukan interaksi. Dengan begitu reach kita semakin luas.
Maka dari itu, kita harus mampu mengatur waktu kita. Kapan kita posting, kapan kita membuat content marketing, kapan kita harus berinteraksi dengan audience dll.
#3.Kemampuan bersosial
Seperti namanya, media sosial. Media online yang dibuat untuk bersosial, maka dari itu kemampuan bersosial sangat penting. Kemampuan bersosial seperti cara berkomunikasi, cara menjalin hubungan, mengendalikan emosi dan berbagai skill lain yang dibutuhkan dalam sosial, kita harus kuasai.
Contoh, jika kita tidak mampu menahan emosi. Saat lihat postingan yang memancing emosi kita lalu kita komen yang tidak baik. Secara tidak langsung itu akan menurunkan kualitas personal branding kita bukan. So, setuju jika kemampuan bersosial sangat diperlukan.
#4.Copywriting
Kalau ini sudah tentu skill wajib yang harus dimiliki seorang marketer, kemampuan mengolah kata sehingga dapat mengikat perasaan calon pembeli merupakan hal yang sangat dibutuhkan.
Maka dari itu, kita harus menguasai copywriting dengan baik. Tenang saja, sekarang ini banyak kok seminar-seminar, ecourse atau buku yang membahas copywriting.
Saya sarankan untuk follow Dewa eka prayoga, dewa selling ini menurut saya mempunyai kemampuan copywriting yang sangat bagus.
#5. Kemampuan desain grafis
Desain grafis merupakan skill yang tidak kalah penting, karena kebanyakan interaksi di media sosial entah itu berupa like, share atau komen berawal dari desain grafis/image yang bagus.
Untuk membuat desain yang bagus, sekarang sudah banyak tools yang bisa kita gunakan baik yang gratis maupun berbayar. Sebagai contoh kita bisa gunakan canva, picktochart dll.
Umumnya tools desain yang ada sekarang, tidak membutuhkan skill yang aneh-aneh. Biasanya sudah disediakan template yang bisa kita edit sesuai dengan kebutuhan kita.
Tools yang bisa anda gunakan antara lain
Untuk Image,
· Canva
· Picmonkey
· Stencil
· Befunky
Untuk info graphic
· Venngage
· Infogr.am
· Piktochart
#6. Kemapuan membuat video
Tidak bisa kita pungkiri apalagi kita hindari, saat ini era video marketing. Maka dari itu, kemampuan “create” video yang “ciamik” sagat diperlukan.
Dan lagi-lagi dimana ada masalah selalu ada solusi, sekarang ini sudah banyaktool dan template yang bisa kita gunakan untuk membuat konten video baik yang gratis maupun berbayar.
Untuk membuat video anda bisa menggunakan,
· Stupeflix
· Animoto
· Kizoa
· Wevideo
· Dan masih banyak lagi
Nah, demikian 6 skill yang harus kita kuasai untuk menjadi seorang social media marketer yang handal.
Jika anda seorang social media marketer, dengan kata lain anda menjual apapun dengan chanel pemasaran utama adalah social media maka postingan ini wajib anda baca pelan-pelan.
Salah satu aktivitas utama dari seorang social media marketer adalah posting ke social media tentunya. Entah itu dalam bentuk hard selling, soft selling, personal branding content dll.
Mungkin anda juga membeli berbagai tools yang mendukung aktivitas social media marketing anda, entah tools untuk otomatisasi, schedule, meningkatkan interaksi, desain dll.
Pertanyaan saya, apakah dengan 2 hal di atas sudah menjamin kesuksesan kita sebagai social media marketer? Saya rasa tidak, ada banyak skill yang harus kita kuasai untuk menjadi social media marketer yang handal.
Berikut 6 skill yang harus kita kuasai, untuk menjadi social media marketer yang handal
#1. Kemampuan menggunakan bahasa yang berkualitas
Kemampuan menggunakan bahasa yang berkualiatas sangat diperlukan jika kita seorang social media marketer. Yang saya maksud berkualitas di sini bukanlah sesuai grammar atau tata bahasa yang baku, namun seperti arti dari kualitas sendiri yaitu sesuai dengan permintaan pasar.
Yaa…kita harus bisa berbahasa sesuai dengan pasar atau audience kita, maka dari itu menentukkan buyer persona sangat penting bagi kita.
Audience dengan umur 25 tahun keatas tentu berbeda cara berbahasanya dengan orang yang berumur 18 tahun. Selain umur, tingkat pendidikan, lokasi, budaya juga sangat mempengaruhi cara berbahasa seseorang.
#2. Kemampuan memanage waktu
Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan bisnis online kita bisa memiliki kebebasan waktu dan tempat. Menurut saya ini tidak sepenuhnya benar, mungkin kita memang punya kebebasan tempat namun kebebasan waktu belum tentu kita dapatkan.
Tetap ada yang mengatur waktu kita, siapa? Tentu saja audience kitalah yang mengatur jam kerja kita. Sebagai social media marketer, kita harus tahu kapan audience kita online dan melakukan interaksi. Dengan begitu reach kita semakin luas.
Maka dari itu, kita harus mampu mengatur waktu kita. Kapan kita posting, kapan kita membuat content marketing, kapan kita harus berinteraksi dengan audience dll.
#3.Kemampuan bersosial
Seperti namanya, media sosial. Media online yang dibuat untuk bersosial, maka dari itu kemampuan bersosial sangat penting. Kemampuan bersosial seperti cara berkomunikasi, cara menjalin hubungan, mengendalikan emosi dan berbagai skill lain yang dibutuhkan dalam sosial, kita harus kuasai.
Contoh, jika kita tidak mampu menahan emosi. Saat lihat postingan yang memancing emosi kita lalu kita komen yang tidak baik. Secara tidak langsung itu akan menurunkan kualitas personal branding kita bukan. So, setuju jika kemampuan bersosial sangat diperlukan.
#4.Copywriting
Kalau ini sudah tentu skill wajib yang harus dimiliki seorang marketer, kemampuan mengolah kata sehingga dapat mengikat perasaan calon pembeli merupakan hal yang sangat dibutuhkan.
Maka dari itu, kita harus menguasai copywriting dengan baik. Tenang saja, sekarang ini banyak kok seminar-seminar, ecourse atau buku yang membahas copywriting.
Saya sarankan untuk follow Dewa eka prayoga, dewa selling ini menurut saya mempunyai kemampuan copywriting yang sangat bagus.
#5. Kemampuan desain grafis
Desain grafis merupakan skill yang tidak kalah penting, karena kebanyakan interaksi di media sosial entah itu berupa like, share atau komen berawal dari desain grafis/image yang bagus.
Untuk membuat desain yang bagus, sekarang sudah banyak tools yang bisa kita gunakan baik yang gratis maupun berbayar. Sebagai contoh kita bisa gunakan canva, picktochart dll.
Umumnya tools desain yang ada sekarang, tidak membutuhkan skill yang aneh-aneh. Biasanya sudah disediakan template yang bisa kita edit sesuai dengan kebutuhan kita.
Tools yang bisa anda gunakan antara lain
Untuk Image,
· Canva
· Picmonkey
· Stencil
· Befunky
Untuk info graphic
· Venngage
· Infogr.am
· Piktochart
#6. Kemapuan membuat video
Tidak bisa kita pungkiri apalagi kita hindari, saat ini era video marketing. Maka dari itu, kemampuan “create” video yang “ciamik” sagat diperlukan.
Dan lagi-lagi dimana ada masalah selalu ada solusi, sekarang ini sudah banyaktool dan template yang bisa kita gunakan untuk membuat konten video baik yang gratis maupun berbayar.
Untuk membuat video anda bisa menggunakan,
· Stupeflix
· Animoto
· Kizoa
· Wevideo
· Dan masih banyak lagi
Nah, demikian 6 skill yang harus kita kuasai untuk menjadi seorang social media marketer yang handal.
Awesome post. Lets visit us
BalasHapus